Friday, June 19, 2015

Instal Driver Modem Speedup SU8650 di Windows 8.1 32bit

Ini masih tentang Netbook Acer Aspire One D260 jadul yang saya miliki. Setelah Netbook kesayangan ini saya instal ulang ke Windows 8.1 Pro 32 bit karena penggantian hardisk yang rusak ke SSD 128gb, ada masalah lagi. Modem kesayangan saya – lagi-lagi kesayangan karena gak mampu beli baru – yang bermerk Speedup SU8650 bundling dengan Flash Telkomsel yang sudah beberapa tahun menemani saya dalam berinternet ria tidak terdeteksi oleh si Netbook. Driver terinstal dengan baik, tetapi sewaktu dijalankan gak konek ke penyedia layanan. Selalu ada tulisan No Device.


Cara melihat nomer imei modem

Setelah kuluk-kilik kesana kemari ternyata produsen modem saya yaitu MLWTelecom sudah menyediakan update drivernya. Dengan syarat memasukkan nomer imei modem. Setelah download saya dapat Driver Studio 9.3.5_Dec 2013 Compatible With Win 8 & 8.1.zip, saya ekstrak dan instal, sukses!.


Masukkan nomer imei modem untuk download driver dari MLWTelecom

Ternyata tidak sampai di situ saja masalahnya, sewaktu Studio 9 dijalankan tetap saja modem gak bisa konek dengan si merah Telkomsel. Pakai Dial-Up ataupun Broadband Connection pun gak bisa. Hampir putus asa dan beli modem baru. Sesuai pengalaman sewaktu merubah resolusi si Netbook Acer Aspire One D260, ternyata cara tersebut bisa juga diaplikasikan untuk update driver modem.
Segera bikin hotspot dengan hape Android, hubungkan Netbook dengan internetvia wifi yang ada. klik Control Panel, Hardware and Sound, di Devices and Printer klik Device Manager, ternyata dibagian Modem dan Ports ada tanda serunya. Klik kanan apapun yang ada tanda serunya kemudian klik Update Driver Software... Setelah terupdate modempun bisa konek dan lancar jaya.


Device manager yang harus diupgrade.

No comments:

Post a Comment